Ide Bisnis Kecil Baik dan Buruk

 Tidak cukup hanya dengan ide bisnis kecil. Anda harus datang dengan orang-orang yang layak. Dengan kata lain, Anda perlu membawa sesuatu ke komunitas bisnis kecil yang bisa diterapkan. Untuk memahami hal ini, mari kita lihat dua contoh klasik ide bisnis. Satu bagus dan satu benar-benar keluar jalur.


Ada yang ingat mobil Edsel? Mobil ini hampir tidak menjadi pemenang. Bahkan, itu dianggap sebagai salah satu "lemon" terbesar dalam sejarah pembuatan mobil. Bahkan dalam tahap perencanaan, penasihat terus cara menghasilkan uang dari internet mencatat bahwa ini bukan mobil yang akan melakukan bisnis besar. Bahkan ada kekhawatiran serius bahwa itu akan melakukan bisnis apa pun. Terutama, desain mobil itu sarat dengan kekurangan. Itu juga merupakan mobil besar yang boros bahan bakar yang memulai debutnya selama ekonomi lemah. Bahkan nama yang diberikan untuk mobil "Edsel" pun kalah. Namun, mereka berjalan dengan susah payah di pasar dan penjualan Edsel adalah bencana. Itu bukan produk yang layak. Pada akhirnya.

Sekarang, perhatikan contoh Federal Express yang merupakan salah satu ide bisnis kecil terbesar dalam sejarah. Tanpa ragu, tidak hanya konsep Federal Express yang layak, ada permintaan besar di pasar untuk konsep semacam itu. Kantor Pos Amerika Serikat tidak menawarkan pengiriman semalam. Konsep tersebut dinilai tidak masuk akal dan tidak layak. Kemudian, bersama Federal Express pada tahun 1972. Perusahaan tidak hanya memenuhi janjinya untuk memberikan ketika "Tentu saja, pasti harus ada di sana dalam semalam" itu melakukannya dengan efektif dan murah. Sekali lagi, ini adalah salah satu ide terbesar sepanjang masa. Memang, bisnis kecil itu tidak bertahan lama. FedEx dengan cepat tumbuh menjadi perusahaan multi-miliar dolar!


Apa yang paling mencolok untuk dicatat di sini ketika membandingkan kedua kisah ini adalah perbedaan finansial yang mencolok. Edsel tidak dapat berhasil di pasar meskipun didukung oleh Ford Motor Company yang bernilai miliaran dolar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Federal Express berasal dari dunia ide bisnis kecil. Ini diluncurkan oleh seorang pengusaha kecil bernama Fred Smith. Smith tidak menjalankan Federal Express atau bisnisnya dari kantor perusahaan besar pada tahun 1972. Beberapa orang mungkin menganggap ini mengejutkan, tetapi seperti ide bisnis kecil lainnya, Smith awalnya merancang FedEx dari rumahnya.


Jadi, bagaimana Smith bisa berhasil dengan sumber daya yang terbatas sementara Ford gagal total? Bagaimana ide Smith bisa mengalahkan kemampuan pemerintah untuk mengirimkan surat? Seperti ide bisnis kecil yang bagus lainnya, Smith menghasilkan model bisnis yang layak dan berdasarkan kebutuhan. Dengan kata lain, ide-idenya masuk akal. Selain itu, ada permintaan aktual di pasar untuk produk yang dia tawarkan. Dengan dua komponen ini yang menguntungkannya, tidak mengherankan jika ide bisnis kecil Smith sukses besar.


Pelajaran yang dapat dipetik di sini adalah bahwa semua ide bisnis kecil harus layak untuk dijalankan. Jika tidak, mereka tidak akan bertahan di pasar yang kompetitif. Namun, jika ide-ide itu layak maka peluang keberhasilan akan meningkat.


Tentu saja, kelangsungan hidup saja tidak akan menghasilkan kesuksesan langsung dengan ide bisnis kecil apa pun. Rencana bisnis yang solid, strategi pemasaran, kapitalisasi, dan investasi waktu semuanya memainkan peran penting dalam mengubah ide-ide tersebut menjadi bisnis yang sukses dan terwujud. Namun, semua perencanaan, pemasaran, uang, dan tenaga kerja di dunia tidak dapat membuat ide-ide yang tidak layak berhasil. Ingatlah fakta itu saat Anda melakukan brainstorming ide bisnis kecil Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Tepat dalam Memilih AC untuk Kenyamanan Maksimal

Menyelami Keindahan Alam dan Budaya Dieng

Transformasi Industri melalui Penggunaan Cleanroom