Proyek Desain Situs Web yang Sukses Dimulai Dengan Lingkup Proyek Yang Solid
Mengapa Ini Penting Bagi Anda Pembeli Layanan Desain Web
Apakah Anda adalah perusahaan yang menjual desain situs web atau perusahaan yang menyediakan layanan Jasa pembuatan website, Anda ingin menetapkan dasar yang jelas untuk proyek apa pun. Meskipun saya mungkin tidak benar-benar melihat nilai ini ketika saya meluncurkan perusahaan kami, sekarang saya tahu bahwa itu adalah bagian penting dari setiap proyek yang sukses.
Setelah melaksanakan ratusan proyek desain situs web selama enam tahun terakhir, satu hal menjadi sangat jelas kesuksesan dimulai dan diakhiri dengan manajemen harapan yang kuat.
Semakin baik pekerjaan yang saya lakukan dalam melingkupi proyek dengan klien dalam proses penjualan, semakin bahagia setiap orang selama pelaksanaan proyek dan go-live. Klien tahu apa yang akan terjadi dan tim saya tahu apa yang perlu terjadi. Hal ini menghasilkan kekompakan dan rasa tenang bagi semua pihak yang terlibat.
Proyek situs web yang sukses akan dimulai dan diakhiri dengan manajemen harapan yang solid. Ya, saya baru saja mengulanginya, karena ini adalah komponen utama dari desain dan pengembangan web yang berkualitas.
Fungsi inti dari menetapkan harapan yang jelas adalah menjalankan proses yang kuat untuk pelingkupan proyek. Jika kiriman didefinisikan dengan jelas dan selaras dengan kontrak formal dan rencana pengembangan, klien dan pengembang akan sinkron dan proyek berada di jalur untuk sukses.
Sebagai pengembang web, saya ingin melebihi harapan Anda. Saya ingin Anda menyukai situs web baru Anda dan saya ingin Anda memiliki pandangan positif terhadap keseluruhan proses desain dan pembuatan.
Untuk memastikan saya melebihi harapan Anda, saya akan mencoba dan memajukan Anda melalui proses pelingkupan yang akan merumuskan rencana proyek kami dan mengarah pada peluncuran yang sukses. Semakin banyak kita berkomunikasi dan mendokumentasikan persyaratan dalam pelingkupan, semakin lancar manajemen proyek dan alur eksekusi.
Tetapkan Harapan Lebih Awal dengan Mendefinisikan Proyek Desain Situs Web dengan Jelas
Kami sering menerima permintaan untuk proposal biaya dan waktu tanpa persyaratan atau ekspektasi apa pun yang ditentukan oleh prospek. Contoh nyata verbiage dari pertanyaan meliputi:
- Saya membutuhkan situs web baru dan memerlukan perkiraan biaya dan waktu.
- Silakan lihat situs web saya yang ada dan berikan proposal untuk pembaruan.
- Mencari harga untuk memindahkan situs kami ke WordPress. Lihat situsnya dan beri tahu saya harga kasarnya, lalu kita bisa membicarakan detailnya.
Deskripsi singkat tentang proyek desain situs web ini – atau benar-benar tidak ada – adalah resep untuk bencana.
Situs web WordPress khusus dapat berkisar dari $3.000 – $500.000. Pengembang perlu mengetahui secara spesifik untuk memahami di mana proyek Anda berada pada kisaran anggaran yang besar ini. Semakin besar dan kompleks build, semakin tinggi harga untuk eksekusi.
Semakin banyak informasi yang diberikan calon pelanggan pada penyelidikan awal, semakin tepat jawaban saya. Ini tidak hanya membantu saya mengetahui apakah kami cocok, tetapi juga memungkinkan prospek dengan cepat membuat kami memenuhi syarat untuk masuk atau keluar sebagai mitra teknologi.
Sebagai pengembang WordPress Anda, saya tidak dapat menjalankan proyek untuk kepuasan Anda jika saya tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang harapan Anda. Sejujurnya saya bahkan tidak bisa mulai mengutipnya pada saat ini, karena saya tidak memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang setara dengan kesuksesan untuk Anda dan situs web Anda. Saya dapat membuat asumsi, tetapi itu membuka banyak risiko bagi kami berdua dan secara eksponensial meningkatkan potensi kegagalan.
Asumsi juga meningkatkan biaya proyek. Ketika sebuah proyek memiliki banyak hal yang tidak diketahui, pengembang akan menambahkan bantalan untuk menutupi margin kesalahan. Untuk pembeli, ini bisa sama dengan $1.000 atau $10.000 dalam biaya yang mungkin diperlukan atau tidak.
Mengejutkan bukan? Ya, tapi bagaimanapun itu adalah kenyataan.
Berikut adalah contoh nyata mengapa manajemen ekspektasi yang kuat sangat penting untuk proyek desain situs web:
Saya pernah memiliki asosiasi teknologi yang meminta "Integrasi Salesforce" sebagai bagian dari proposal banyak halaman mereka yang besar. Mereka pada awalnya tidak dapat menentukan sifat atau perluasan integrasi yang dibutuhkan. Saya menghabiskan beberapa hari untuk menanyakan dan memberi mereka pertanyaan spesifik untuk memastikan sifat sebenarnya dari persyaratan ini.
Repositori plugin WordPress.org memang memiliki beberapa plugin Salesforce yang dirancang untuk menangani arahan dasar untuk integrasi Salesforce, tetapi ini adalah integrasi dasar. Saya dapat mengasumsikan ini dan mengutip beberapa ratus dolar untuk menyiapkan dan menguji fungsi ini di situs web baru mereka. Suara kewarasan batin saya mengatakan kepada saya bahwa ini bukan yang mereka butuhkan dan membuat asumsi ini akan mengarah pada masalah yang signifikan di kemudian hari. Karena itu, saya tidak mengambil rute ini dalam respons RFP kami.
Apa yang benar-benar diinginkan asosiasi adalah integrasi API yang lebih canggih yang membutuhkan data untuk didorong bolak-balik antara Salesforce dan WordPress, sementara juga merekonsiliasi data di sepanjang jalan. Dalam istilah yang lebih mewah, kebutuhan mereka yang sebenarnya termasuk plugin transaksional dalam WordPress yang akan mendengarkan SalesForce.com dan berbicara dengan SalesForce.com untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang tepat diterima dan dikirim seperlunya. Transaksi akan di-cache untuk mencapai kinerja yang optimal, serta menghindari pembatasan tingkat API apa pun. Pengkodean Salesforce ini diperkirakan sekitar 50-60 jam pengembangan oleh pembuat kode tingkat senior. Itu setara dengan ribuan dolar dalam pengkodean dan itu meningkatkan biaya proposal kami sekitar 15%.
Kami memasukkan bagian proposal ini ke integrasi yang lebih maju. Saya tahu saya adalah salah satu dari sedikit pengembang yang melakukan ini, karena tanggapan calon pelanggan atas pertanyaan saya. Saya tahu pengembang lain tidak mengajukan pertanyaan yang sama. Ini seharusnya menjadi bendera merah untuk asosiasi, tetapi saya tahu itu bukan. Mereka seharusnya memperhatikan perbedaan dalam pertanyaan pengembang dan mereka seharusnya memperhatikan bahwa tingkat pelingkupan tidak sama dari satu pengembang ke pengembang lainnya.
Hasil dari asosiasi tersebut adalah proposal situs web yang tidak sesuai dengan fungsionalitas yang direncanakan. Ini akan memberi mereka situasi membandingkan apel dengan jeruk. Anda tidak dapat membandingkan apel dengan jeruk secara memadai dan memperoleh analisis yang berhasil. Ini adalah ketidaksesuaian harapan yang jelas dan ini mengarah pada eksekusi yang penuh tekanan dan mahal.
Contoh Salesforce saya telah terjadi berkali-kali – hanya untuk Salesforce saja. Setelah skenario di atas saya tahu dengan cepat menentukan sifat sebenarnya dari integrasi. Dan jika seorang prospek mengatakan kepada saya untuk menghitungnya setelah kontrak ditandatangani (saya benar-benar mengalaminya), saya menolak kesempatan itu dan menjelaskan bahwa risikonya terlalu besar bagi kami untuk melanjutkan proses seleksi.
Saya melakukan ini untuk melindungi perusahaan kami dan untuk melindungi Anda calon klien saya. Saya berharap bahwa keluar saya akan menaikkan bendera merah untuk tim seleksi dan mereka akan mengevaluasi kembali dan menyempurnakan persyaratan mereka untuk melindungi proyek mereka.
Berikan Jawaban Substantif untuk Pertanyaan Pengembang
Ketika seseorang meminta kami untuk berpartisipasi dalam proses seleksi, kami mulai mengajukan banyak pertanyaan. Kami melakukannya karena dalam banyak kasus, klien potensial belum menentukan siapa mereka atau jenis proyek apa yang mereka ingin kami kutip.
Jika saya memiliki pemahaman yang kuat untuk perusahaan Anda dan proyek Anda, saya dapat menentukan apakah kami cocok. Dan yang lebih penting, saya dapat menentukan apakah tim saya dapat berhasil menjalankan proyek Anda.
Sering kali pertanyaan saya yang tak berujung mengejutkan prospek, karena pengembang lain tidak bertanya dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan. Ini adalah masalah dan harus menjadi tanda peringatan bagi Anda sebagai pembeli.
Jika calon pengembang Anda tidak menanyakan tentang bisnis Anda, penawaran produk atau layanan, dan sasaran atau sasaran – mereka tidak dapat mengutip atau menjalankan proyek Anda dengan benar.
Saya mengajukan banyak pertanyaan, karena membantu saya merumuskan solusi untuk proyek tersebut. Jawaban yang saya terima memungkinkan saya untuk membangun proyek di kepala saya dan ini membantu saya menyiapkan solusi hipotetis, menentukan apakah kami cocok, dan mengevaluasi apakah kami dapat berhasil mengimplementasikan proyek.
Semakin banyak pertanyaan yang saya ajukan, semakin siap saya untuk menawarkan solusi. Sebagai pembeli, Anda harus menginginkan solusi dan bukan hanya perkiraan.
Sebagai calon klien saya, Anda harus menjawab pertanyaan saya selengkap mungkin. Sesederhana ini – ketika saya mengajukan pertanyaan, beri saya jawaban yang solid. Kelihatannya dasar, tetapi orang-orang sibuk dan mereka menjawab pertanyaan dengan cepat dan sering kali tanggapan ini tidak memberikan jawaban yang sebenarnya. Tanggapan seperti "Saya kira begitu" atau "mungkin" bukanlah jawaban sama sekali. Mereka adalah risiko bagi saya pengembang dan Anda pembeli.
Jawaban satu kata untuk pertanyaan mendalam akan membunyikan alarm bagi saya karena itu adalah tanda risiko dan potensi kegagalan proyek. Jenis dialog ini dapat menunjukkan masalah komunikasi di masa depan, jadi saya akan mewaspadai Anda dan proyek Anda.
Jika Anda mempertimbangkan untuk mendesain ulang situs web, luangkan waktu untuk menetapkan harapan dengan pengembang Anda dengan benar. Semakin banyak Anda mendefinisikan dan mendokumentasikan sekarang, semakin sedikit Anda akan berdebat tentang pertengahan proyek.
Identifikasi dan Nyatakan Kebutuhan Anda
Untuk pengembang, setiap klien desain web adalah unik. Tujuan kami adalah untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan klien dan menyesuaikan rencana atau proses pengembangan standar kami untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Sering kali kami menerima permintaan proposal di mana klien belum memikirkan persyaratan fungsional situs web atau bahkan jenis presentasi visual apa yang mereka inginkan.
Banyak pertanyaan akan mencakup kata "sederhana" dan sama sekali tidak sederhana. Sebagai pengembang, saya setuju dengan kompleks selama rencana proyek dan anggaran mendukungnya.
Jika Anda memiliki daftar kebutuhan estetika atau fungsional, dokumentasikan ini dan berikan pertanyaan Anda. Ini akan memberikan titik awal yang bagus untuk diskusi.
Jika Anda benar-benar tidak yakin tentang apa yang Anda butuhkan, ini juga tidak masalah. Untuk proyek yang lebih sederhana, ini dapat ditentukan dalam proses penjualan dan pelingkupan. Untuk proyek yang lebih kompleks, akan lebih baik untuk memiliki fase penemuan berbayar di mana pengembang WordPress tepercaya dibayar untuk bekerja melalui definisi dan dokumentasi kebutuhan Anda.
Penemuan berbayar bukan untuk semua orang, tetapi jika memungkinkan, ini adalah alternatif yang bagus untuk mengambil risiko yang tidak perlu.
Memerlukan Dokumentasi yang Tepat dan Setujui Semua Item Terkait secara Tertulis
Semakin banyak Anda dan pengembang Anda mendokumentasikan di awal proyek, semakin sedikit Anda akan berdebat nanti. Saya mengatakan ini sebelumnya dan saya mengulanginya, karena ini adalah salah satu pelajaran paling berharga yang saya pelajari saat menjalankan Web Savvy Marketing.
Semakin banyak hasil proyek yang kami definisikan dan dokumentasikan di awal, semakin sedikit kebingungan dan kesalahpahaman yang akan kami alami di tengah-tengah proyek. Proposal kami akan memberi Anda garis besar proyek dan itu akan mencakup syarat dan ketentuan. Kami melakukan ini agar Anda tahu persis apa yang kami rencanakan untuk disampaikan.
Dokumentasi ini memberi Anda, pembeli, kesempatan untuk meninjau dan memvalidasi jika apa yang kami rencanakan untuk dikirimkan sesuai dengan harapan Anda untuk proyek tersebut. Proposal ini memberi kita dasar untuk diskusi dan modifikasi jika perlu. Ini juga memberi kita titik referensi jika ada kebingungan di kemudian hari dalam proyek.
Jika pengembang masa depan Anda memberikan proposal yang kurang detail, mintalah lebih spesifik. Jika Anda merasa ada yang terlewat, mintalah untuk ditambahkan. Jika ada sesuatu yang tidak masuk akal, mintalah klarifikasi.
Sebagai pengembang masa depan Anda, saya lebih suka menjernihkan kebingungan sebelum uang berpindah tangan, kemudian memperdebatkannya setelah kita terlibat dan secara aktif mengerjakan proyek.
Komentar
Posting Komentar